Sunday, April 10, 2011

JARINGAN HEWAN

Jaringan epitelium, adalah jaringan pembatas dan pelapis yang menyelubungi dan melapisi permukaan organ, rongga dan saluran baik di luar maupun di dalam tubuh.
Fungsi Jaringan epitelium :

 Melapisi lapisan luar tubuh disebut epidermis.

 Membatasi organ dalam disebut endotelium.

 Membatasi rongga disebut mesotelium

JARINGAN EPITEL
1. Epitel berlapis tunggal, jaringan epitel ini hanya memiliki satu lapisan sel, dan dapat dibedakan menjadi :

a. Epitel pipih
Sel-selnya berbentuk pipih dan terdapat pada lapisan yang melapisi usus, saluran pembuluh darah dan limfe, dinding alveolus, selaput jantung dan peritonium (selaput rongga perut)

b. Epitel kubus
Sel-selnya berbentuk kubus dan terdapat pada lapisan saluran kelenjar, kelenjar tiroid, ginjal,lensa mata.


c. Epitel silindris.
Sel-selnya berbentuk silindris seperti batang dan terdapat pada kelenjar pencernaan, selaput mukosa usus (dinding usus sebelah dalam), lambung

d. Epitel silindris berambut getar
Sel-selnya berbentuk silindris dengan permukannya berambut getar (silia). Jaringan ini terdapat pada lapisan permukaan sebelah dalam batang dan cabang tenggorokan (trakea, bronkus), saluran telur dan saluran sperma.

2. Epitel berlapis banyak, epitel ini memiliki lebih dari satu lapisan sel, dan dibedakan menjadi :

1. Berbentuk pipih
Sel-sel penyusun epitel ini berbentuk pipih dan terdapat pada rongga mulut, rongga hidung, esofagus, telapak kaki dan vagina.

2. Berbentuk kubus
Sel-sel penyusun epitel ini berbentuk kubus dan terdapat pada permukaan ovarium (indung telur), testis, saluran kelenjar minyak dan keringat kulit.

3. Berbentuk silindris.
Sel-sel penyusunnya berbentuk silindris seperti batang dan terdapat pada laring, faring, dan trakea. Beberapa jaringan ini sel-sel penyusunnya berambut getar. Jaringan ini terdapat pada lapisan permukaan sebelah dalam batang dan cabang tenggorokan, saluran telur dan saluran sperma

FUNGSI JARINGAN EPITEL :
1. Melindungi jaringan dibawahnya dari kerusakan yang disebabkan oleh gesekan, radiasi ultra violet, dan serangan bakteri.
2. Membantu pengangkutan zat makanan ke dan dari jaringan dan organ.
3. Memproduksi enzim pencernaan ke dalam usus, danmenyerap sari makanan hasil pencernaan.
4. Melapisi seluruh kelenjar pencernaan yang menghasilkan hormon (kelenjar endokrin) dan menghasilkan ludah atau keringat (kelenjar eksokrin).
5. Menghasilkan mukus (lendir) untuk menangkap partikel debu yang terhirup.
6. Menghasilkan sel gamet untuk reproduksi.

JARINGAN IKAT
Jaringan ikat adalah jaringan yang berfungsi untuk mengikatsel-sel sehingga membentuk suatu jaringan dan mengikat suatu jaringan dengan jaringan lainnya, menyokong dan melindungi bagian-bagian tubuh, mengisi rongga-rongga yang kosong, menyimpan lemak (sumber energi), dan untuk transposrtasi.
SEL- SEL PENYUSUN JARINGAN IKAT
1. Fibroblas : sel yang berbentuk serat dan mensekresi
serat protein

2. Sel lemak : sel khusus untuk menyimpan lemak

3. Sel plasma : sel ini menghasilkan anti bodi untuk perlindungan tubuh

4. Sel makrofag : sel ini memiliki bentuk yang mudah berubah-ubah yang berfungsi untuk menelan (fagosit) benda asing seperti bakteri, virus atau sel-sel yang mati.

5. Sel tiang (mast cell) : sel ini menghasilkan heparin (zat antikoagulan atau anti pembekuan darah) dan histamin (zat dihasilkan sebagai reaksi alergi terhadap suatu zat).
SERAT-SERAT PENYUSUN JARINGAN IKAT
1) Serat kolagen yang berwarna putih, kuat, kelenturan rendah, namun daya regangnya tinggi, terdapat pada tendon, tulang dan kulit;
2) Serat elastin yang berwarna kuning dan sangat lentur, terdapat pada pembuluh darah dan ligamen;
3) Serat retikuler seperti serat kolagen dengan kelenturan rendah, tipis bercabang-cabang, terdapat pada limpa dan hati.

























JENIS- JENIS JARINGAN IKAT
1. Jaringan ikat longgar : adalah jaringan ikat yang didominasi oleh matriks dengan ketiga jenis serat (kolagen,elastin dan retikuler ). Semua jenis sel ada pada jaringan ikat ini, misalnya pada mesenterium (pengikat usus) dan pada pembungkus adalah jaringan ikat yang didominasi oleh serat kolagen pembuluh darah dan di bawah epitel saluran pencernaan.

2. Jaringan ikat padat :. Sel dan cairan ekstraselnya sedikit. Misalnya tendon (penghubung dan pengikat otot dengan tulang), ligamen (penghubung dan pengikat tulang dengan tulang).

3. Jaringan lemak : adalah jaringan ikat yang tersusun dari sel-sel yang khusus untuk menyimpan lemak sebagai sumber energi saat dibutuhkan. Sel-sel ini tidak menghasilkan matriks atau serat. Jaringan lemak juga berfungsi untuk bantalan peredam benturan, sebagai pengatur kehilangan panas sehingga temperatur tubuh dapat terjaga.

4. Jaringan tulang : adalah jaringan yang berfungsi sebagai penunjang dan pelindung tubuh. Jaringan ini dibedakan atas jaringan tulang rawan (kartilago) dan jaringan tulang sejati (osteon).
JARINGAN TULANG RAWAN (KARTILAGO)
Jaringan tulang rawan (kartilago) adalah jaringan yang banyak ditemukan pada bayi dan anak-anak. Tersusun dari sel-sel tulang rawan (kondrosit) yang meghasilkan matriks.
Berdasarkan matriksnya, tulang rawan dikelompokkan menjadi :

1) Tulang rawan hialin, berwarna putih kebiru-biruan dan transparan, matriksnya mengandung banyak serat kolagen berdaya lentur yang tinggi, merupakan penunjang utama tubuh saat embrio (bayi), sedangkan pada saat dewasa hanya ditemukan di persendian, saluran pernafasan, laring, hidung dan antara ujung tulang rusuk dan tulang dada.
2) Tulang rawan elastis: berwarna kuning dengan serabut elastin pada matriksnya, agak kaku tapi elastis, ditemukan pada daun telinga, epiglotis dan tuba eustachius;

3) Tulang rawan fibrosa, berwana gelap, matriksnya mengandung lebih banyak serat kolagen dibanding tulang rawan hialin, ditemukan diantara tulang-tulang belakang (vertebrae) dan pada simfisis pubis (tulang kemaluan).

JARINGAN TULANG SEJATI ( OSTEON )

JARINGAN TULANG SEJATI ( OSTEON ) adalah jaringan ikat yang tersusun atas sel-sel tulang (osteosit) yang berkembang dari bakal sel tulang (osteoblas). Osteosit terletak di dalam lakuna. Antara satu osteosit dengan osteosit lainnya di dalam lakuna terhubungkan oleh saluran halus yang disebut kanalikuli. Lakuna dan osteositnya tersusun secara konsentris (melingkar) disebut lamela. Di tengah lamela terdapat saluran sentral mikroskopis disebut Saluran Havers yang mengandung pembuluh darah (vena, arteri, kapiler), saraf, dan pembuluh getah bening (limfe). Antara saluran havers saling terhubungkan oleh Saluran Volkman


























TULANG
 Tulang merupakan jaringan yang sangat keras yang matriksnya tersusun dari : serat ko lagen,senyawa organik (protein), dan senyawa anorganik,seperti: Ca3(PO4)2 = 85%, CaCO3 = 10%, CaCl2, MgCl2, MgSO4, dan FeSO4.

 Tulang dewasa adalah tulang rawan yang telah mengalami mineralisasi ( proses pengubahanbahan organik tulang menjadi bahan anorganik tulang. Mineral utama penyusun tulang adalahkalsium dan fosfor. Bila tulang rusak, jaringan lama akan diserap oleh sel tulang berinti banyak (osteoklas) dan digantikan oleh sel tulang baru yang dihasilkan oleh osteoblas. Peristiwa penyerapan kembali (resorpsi) bagian tulang yang rusak dan pembentukansel tulang baru disebut osifikasi. Lapisan tulang paling luar disebut periostium (berfungsi untuk memperbaiki keretakan/kerusakan tulang).
Jaringan darah

 Jaringan darah : adalah jaringan yang zat dasarnya atau matriksnya berupa cairan yang disebut plasma darah. Tidak seperti jaringan ikat lainnya, matriks ini tidak dihasilkan oleh sel-sel darah penyusun jaringan darah.

 Sel darah pada mamalia terdiri dari eritrosit (sel darah merah), leukosit (sel darah putih) dan trombosit (keping darah, dan serabut protein (fibrinogen)






FUNGSI DARAH BAGI TUBUH

1. Mengangkut berbagai jenis sel darah ke seluruh tubuh

2. Mengangkut O2 dari paru-paru dan nutrisi (sari-sari makanan) dari sistem pencernaan untuk diedarkan ke seluruh tubuh

3. Mengangkut limbah (CO2 dan urea) dari berbagai jaringan tubuh ke organ pembuangan(paru-paru dan ginjal)

4. Trombosit dan fibrinogen berperan penting dalam pembekuan darah

5. Plasma darah membantu pengaturan suhu tubuh

6. Sel darah putih dan antibodi menjadi dari bagian sistem pertahanan dan kekebalan tubuh
JARINGAN OTOT
 Jaringan otot berfungsi sebagai alat gerak. Tulang sebagai alat gerak pasif dan otot sebagi alat gerak aktif.

 Jaringan otot bersifat khusus, yaitu dapat berkontraksi (berkerut) dan berelaksasi (mengendur) karena adanya miofibril (serabut otot).

 Setiap miofibril mengandung beberapa sarkomer dengan protein aktomiosin (gabungan antara filamen halus aktin dan filmen kasar miosin). Ketika kontraksi, sarkomer menjadi pendek, dan kembali ke posisi semula ketika relaksasi.

 Sel otot mempunyai struktur yang khusus di dalam sitoplasma yang dikenal dengan serabut kontraktil. Jaringan otot mempunyai plasma yang disebut sarkoplasma (=membran plasma sel otot) dan selaput otot yang disebut sarkolema
MACAM- MACAM JARINGAN OTOT
1. Otot polos menyebabkan kebanyakan organ dalam tubuhmampu berkontraksi secara lambat di bawah pengendaliansistem saraf otonom.

2. Otot jantung dan otot lurik menampakkan adanya pita-pita gelapbersalang- seling dengan pita terang (lurik) ketika diamati di bawah mikroskop,ini dapat terjadi karena filamen aktin dan miosin tersusun secaraberaturan sehingga terlihat lurik. Sedangkan pada otot polos, susunan kedua filamen itu tidak beraturan. Otot jantung tersusun dari sel-sel otot membentuk seperti anyaman bercabang-cabang


3. Otot kerangka (otot lurik) adalah otot-otot yang melekat pada kerangka tubuh. Sel-sel penyusunnya berbentuk silinder panjang, memiliki lebih dari satu pintu dan terletak di tepi sel. Otot. ini bereaksi cepat terhadap rangsang, namun tidak dapat berkontraksi dalam waktu yang lama.


Neuron terdiri dari beberapa bagian, yaitu:
1. Dendrit adalah penjuluran bercabang-cabang daribadan sel yang berfungsi untuk menerima sinyal untuk diteruskan ke
badan sel saraf.

2. Badan sel adalah bagian utama neuron yang
mengandung inti. Badan sel saraf dapat terletak di sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang), dapat pula di luar sistem saraf pusat. Pada kasus pertama, disebut inti, sedangkan kumpulan badan sel di luar sistem saraf pusat disebut ganglion (simpul saraf).

3. Akson adalah penjuluran memanjang dari badan sel yang berfungsi untuk meneruskan sinyal-sinyal dari badan sel ke neuron yang lain atau ke efektor. Fungsinya seperti kabel telepon.




PEMBAGIAN NEURON BERDASARKAN FUNGSINYA
1. Neuron sensorik, berhubungan dengan reseptor (indra dan organ sensoris lainnya) untuk menghantarkan rangsang (stimulus) darireseptor ke sistem saraf pusat.
2. Neuron motorik, berfungsi menghantarkan tanggapan (respons) dari sistem saraf pusat ke efektor (otot atau kelenjar).
3. Neuron konektor/interneuron, berfungsi menghubungkan neuronneuron motorik dan sensorik, terletak di dalam sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang). Neuron ini disebut juga neuron ajustor, karena berfungsi mengolah informasi yang di terimanya untuk kemudian diteruskan sebagai respon ke efektor.

No comments:

Post a Comment

c