Sunday, April 10, 2011

KERAJAAN TARUMANEGARA

KERAJAAN TARUMANEGARA
•Kerajaan Hindu tertua kedua setelah kerajaan kutai
•Kerajaan Tarumanegara diperkirakan berlokasi di lembah Sungai Citarum, Jawa Barat, berdasarkan prasasti – prasasti dari Kerajaan Tarumanegara ditemukan di antara Sungai Citarum dan Sungai Cisadane.
•SUMBER SEJARAH
1.Prasasti – Prasasti Tarumanegara
2.Kronik Dinasti Tang
3.Arca – Arca Peninggalan Kerajaan Tarumanegara
•Prasasti peninggalan kerajaan tarumanegara:
- prasasti citarum
ditemukan di tepi sungai ciaruten bogor.
- prasasti kebun kopi
ditemukan di daerah perkebunan kopi kampung muara hilir kecamatan cibungbulang bogor.
- prasasti jambu
ditemukan di daerah perkebunan jambu bukit koleangkak
- prasasti tugu
- prasasti cidanghiang
- prasasti pasir awi
• Berawal dari Cina menyebutkan bahwa negara ho-lo-an (aruteun) di cho-po (jawa) telah mengirimkan utusannya ke Cina pada tahun 430,437 dan 452 M. dan berdasarkan berita itu bahwa nama asli tarumanegara adalah Aruteun. Dan hindhu merupakan agama paling banyak penganutnya.
a. Arca rajasi (disebutkan dalam prasasti Tugu) diperkirakan berasal dari Jakarta.
b. dua buah patung wisnu dari cibuya pada abad ke-7 M di semenanjung Melayu, siam dan kamboja.
• POLITIK wilayah kekuasaannya meliputi daerah banten, Jakarta hingga ke Cirebon. Dan beberapa prasasti menyebutkan Purnawarman sebagai raja terumanegara pada abad ke-5 sampai abad ke-7 Tarumanegara mempunyai potensi sepadan dengan budaya india berupa kemajuan teknologi, taraf pemikiran keagamaan kesenian, dan kekuatan struktur kemasyarakatan.
•EKONOMI kerajaan Tarumanegara mempunyai matapencaharian dibidang pertanian,peternakan, pelayaran, pertambangan dan juga perikanan.perdagangan sudah berkembangdengan melewati jalur darat dan air. Lewat darat dengan menggunakan pemanfaatan hewan lembu.komoditi ekspor berupa cula badak, gading gajah,emas,perak,dan alat-alat pertanian.
•SOSIAL prasati tugu menyebutkan bahwa raja purnawarman telah memerintahakan penggalian sungai gomati untuk mencegah terjadinya banjir dan pemberian sedekah berupa 1.000 ekor sapi kepada para brahmana.raja purnawarman manganut agama hindu aliran wisnu.sebagian rakyatnya masih memeluk kepercayaan nenek moyangnya.

No comments:

Post a Comment

c